Jeruk, pepaya, stroberi, jambu biji, cabai, dan paprika adalah contoh buah dan sayuran yang memiliki kadar vitamin C paling tinggi. Vitamin C sendiri adalah salah satu vitamin yang memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Tak diragukan lagi jika vitamin C dianggap sebagai senyawa yang berpengaruh terhadap kondisi tubuh, salah satunya sebagai pencegah penyakit yakni katarak.

Seperti yang dilansir dari findhomeremedy, dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C sebagai suplemen, akan memiliki efek yang sangat baik bagi katarak. Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu mencegah terjadinya penyakit ini.

Hasil penelitian menunjukkan jika pria mengonsumsi vitamin C secara teratur selama delapan tahun, tingkat penderita katarak akan lebih sedikit. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi tingkat sorbitol, yaitu sebuah zat gula yang diproduksi oleh tubuh dan mengurangi resiko timbulnya katarak yang biasanya terjadi pada penderita gula darah tinggi.

Sedangkan menurut American Optometric Assosiation (AOA), sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin C selama 10 tahun atau lebih akan mengalami penurunan 64% dalam risiko terkena katarak. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengonsumsi vitamin C setiap hari.

Selain untuk menjaga kesehatan mata, vitamin C juga memiliki manfaat lain, seperti mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, mencegah sariawan dan skorbut, menjaga kesehatan untuk kulit, menangkal radikal bebas, dan melawan kanker dalam tubuh!